INILAH JEJAK PERJALANAN DAN PERJUANGAN DAKWAH PERSATUAN AL JAMAA'AH AN-NUBUWWAH BERSAMA SANG KOMANDO NYA (RASULULLAH SHALLALLAHU ALAIHI WA SALLAM)
SAUDARAKU SEIMAN DAN SEAQIDAH MARI KITA RENUNGI DAN PERENUNGAN YANG SEBENAR BENARNYA PERENUNGAN,DAN MARI BERUSAHA SEKUAT MUNGKIN MENINGGALKAN PENDAPAT PENDAPAT YANG TERCAMPURI DENGAN KHOYYAL YANG TANPA PENGAPLIKASIAN SECARA TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL LAHIR MAUPUN BATHIN
BISMILLAHIROHMANIROHIM
ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WA BARAKAATUH
®®®®®®®®®®®
MINTA MAAF SEBELUM DAN SESUDAH-NYA
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏
Ketika Firman-Firman Allah SWT Di Jalankan Sebagaimana MESTINYA,,,, SESUNGGUHNYA DAULAH INI(MADINAH) Adalah Merupakan Hadiah Dari Suatu Perjuangan Yang Tak Pernah Putus MASA AL JAMA'AH AN NUBUWWAH BERSAMA PENGEMBAN KEPEMIMPINAN RASULULLAH SHALLALLAHU ALAIHI WASALLAM "INILAH JEJAK AL JAMA'AH AN NUBUWWAH" HINGGA MENDAPATKAN KEMENANGAN YANG LUHUR ,"YAITU : FUTUH MAKKAH",
110. An-Nasr (Pertolongan) 3 ayat

اِذَا جَآءَ نَصۡرُ اللّٰهِ وَالۡفَتۡحُۙ1
. Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,
وَرَاَيۡتَ النَّاسَ يَدۡخُلُوۡنَ فِىۡ دِيۡنِ اللّٰهِ اَفۡوَاجًا2.
Dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah,
فَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ وَاسۡتَغۡفِرۡهُ ؔؕ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا3.
Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat.
Isi Kandungan Surat An Nasr
Berikut ini isi kandungan surat An Nasr yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.
1. Surat An Nasr berisi kabar gembira bahwa Allah akan memberikan pertolongan dan kemenangan kepada Rasulullah, secara khusus dengan pembebasan kota Makkah (Fathu Makkah).
2. Surat An Nasr berisi kabar gembira bahwa manusia akan berbondong-bondong masuk agama Islam. Dan ini terbukti setelah Fathu Makkah, penduduk Makkah dan penduduk Arab berbondong-bondong memeluk Islam.
3. Surat ini merupakan salah satu mukjizat dan bukti kebenaran Al Quran karena apa yang dinyatakan Al Quran benar-benar terjadi. Yakni terjadinya Fathu Makkah dan manusia berbondong-bondong masuk Islam.
4. Surat An Nasr memberikan arahan untuk menisbatkan kemenangan kepada Allah. Bahwa kemenangan adalah pertolongan dari Allah dan harus diikuti dengan memperbanyak tasbih, tahmid dan istighfar.
5. Surat An Nasr memberikan arahan untuk tidak sombong dan berbangga diri dengan kemenangan. Justru harus memperbanyak syukur dan memohon ampun jika selama perjuangan ada kesalahan dan jika saat kemenangan tiba muncul perasaan yang tidak tepat dalam jiwa.
6. Surat ini menunjukkan dekatnya ajal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Sebagaimana beliau kabarkan kepada Fatimah radhiyallahu ‘anha. Juga sebagaimana yang dipahami oleh Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu dan sahabat ahli tafsir lainnya.
Demikian isi kandungan Surat An Nasr. Semoga bermanfaat dan menambah keimanan serta ketaqwaan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/WebMuslimah]
*Untuk bisa dibaca di artikel Tafsir Surat An Nasr https://bersamadakwah.net/surat-an-nasr/
INSANUL KHOLQILLAAH!!!!
ISLAM DIENUT TAUHID TELAH HADIR SEJAK NABI ADAM DI CIPTAKAN,,, HINGGA ISA ALAIHI SALAAM PUN DI ANGKAT KELANGIT,,,, MAKA AJARAN ISLAM YANG BERASASKAN SISTEM KENABIAN TERLIHAT TERHENTI PERGERAKAN NYA,,,LALU SETALAH BEBERAPAA RATUS TAHUN KEMUDIAN LAHIRLAH SEORANG CALON NABI,,, YAITU MUHAMMAD SHOLLALLAAHU ALAIHI WASALLAM,,, DAN KETIKA BELIAU DI ANGKAT MENJADI NABI DAN RASUL ALLAH, YG KEDUA TITAH ITU DI TERIMA NYA،beliau Berada di gua Hira,,,YG PADA AWALNYA BELIAU HANYA INGIN MERENUNG APA YG TERLIHAT DI PLOPAK MATANYA yaitu PENYEMBAHAN BERHALA UNTUK YG KESEKIAN KALINYA DI MEKKAH, DN DI GUA HIRO ITU IA MELIHAT PENDUDUK MEKKAH DARI KETINGGIAN,…
KETIKA NABI MUHAMMAD SHOLLALLAAHU ALAIHI WASALLAM MENERIMA RISALAH KENABIAN DAN KERASULAN NYA,, YANG DI TANDAI DENGAN MENDAPAT KAN WAHYU YANG PERTAMA (IQRO BISMIROBBIKALLADZI KHOLAQ)…
TUBUHNYA MENGGIGIL DAN TERUCAPKANNYALA DI DEKAPAN ISTRINYA (UMMUL MUKMININ KHADIJAH),DARI LISAN BELIAU KATA2 INDAH ITU, SEDANG IA TIDAK BISA MEMBACA DAN MENULIS.
LALU KHADIJAH PUN MEMBENARKAN UCAPAN NYA ITU,YG KEMUDIAN DI BENARKAN PULA RISALAH KENABIAN DAN KERASULAN BELIAU OLEH SEORANG LAKI2 YG YG SUDAH CUKUP TUA YG SANGAT MULIA DAN AGUNGPULA AKHLAQ NYA,,, SIAPA??? PRIA ITU TIDAK LAIN ADALAH ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ LELAKI YANG SELALU MEMBENARKAN SEGALA UCAPAN BELIAU DIMANA MANUSIA MENDUSTAKAN NYA,ATAU BAHKAN MENYEBUT NYA PENYIHIR YANG GILA,DAN KERAP KALI MENDAPAT LEMPARAN TAI ONTA YG BASAH MAUPUN YG TELAH MENGERING,,, BEGITU LAH KIRA2 SEPAKTERJANG DAN LANGKAH LANGKAH PERJUANGAN BELIU DALAM MENGEMBAN RISALAH KENABIAN (SISTIM KEPEMIMPINAN KENABIAN YG DI PIMPIN LANGSUNG OLEH BELIAU)… HINGGA TIBALAH masa Futuh Mekkah Yang Sebelumnyaa Mendapat wilayah Idarotul HUKMI (Wilayah Penerapan HUDUUDULLAAH) Atau Yg Biasa Kalian Anggap Dan Sebut2 dengan Sebutan Daulah Khilafah,,, TIDAK KAH KALIAN FAHAMI BAHWA , DAERAH KEKUASAAN ITU (YATSRIB) DIKUASAI DENGAN DI UTUSNYA SALAH SEORANG SAHABAT NABI, DENGAN MEMBAWA SEUNTAI CERITA RISALAH KENABIAN DAN KERASULAN MUHAMMAD SHOLLALLAAHU ALAIHI WASALLAM,DAN BUKAN DENGAN JALAN PEPERANGAN,,,
TAK LEPAS DAARI CERITA DI ATAS , UMMAT ISLAM SEDUNIA INI MENERIMA TITAH ALLAH YAITU AL QUR'AN DAN SUNNAH RASULNYA UNTUK BISA KITA LAKSANAKAN DAN KITA TERAPKAN DALAM KEHIDUPAN KITA SEHARI,,,, BAIK SECARA PERSONALIA ATAUPUN SECARA BERJAMAAH, DAN DALAM RISALAH PERJUANGAN INI,KITA TIDAK MUNGKIN MEWUJUDKAN NYA DENGAN CARA BERPECAH BELAH, TERKOTAK-KOTAK,DELAM SEKUP KENEGARAAN TERTENTU,,WAHAI SAUDARAKU KHILAFATULMUSLIMIN BUKAN UNTUK MENGAJAK ANDA UNTUK MENEGAKKAN NEGARA BARU,,, BUKAN Pula Hendak Menegakkan Jamaah baru,,, KHILAFATULMUSLIMIN ADALAH CIKAL BAKAL KHILAFAH YG TAK SELAMA LAMANYA SEBUAH IDEALISME MURAHAN YANG SEBAGAI MANA YG ADA DI OTAK KALIAN.
WAHAI SAUDARAKU SADARLAH DAN KEMBALI LAH DALAM RISALAH KENABIAN DAN KEKHILAFAHAN/RISALAH KEPEMIMPINAN ISLAM YG DI PIMPIN OLEH SEORANG KHOLIFAH BERASASKAN UNDANG UNDANG DAN ATURAN ALLAH DAN RASUL NYA SAJA…… BERTOBATLAH KALIAN DARI PERPECAHAN UMMAT DENGAN BERSATU DAN BERJAMAAH DALAM KHILAFAH/KHILAFATULMUSLIMIN…..
يد اللهِ مع الجماعة
("Tangan ALLAH Ada Pada Hidupnya KAUM MUSLIMIN DENGAN Berjamaah")….
SaudaraKu Seiman Dan Se'Aqidah Dalam Ajaran TAUHIDULLAH INI!!!
Apa Yang Di Maksud Dengan "YADULLAAHI MA'A AL JAMA'AH...???"
Maka Untuk Menjelaskan TENTANG Ini Saya Kutip Sebuah Link Internet Yg Naskah Arab Dari
https://www.islamweb.net/ar/fatwa/10069/
Yang Saya Usahakan Sebenar benarnya Dan Sesuai Mungkin Bahasa Indonesia-nya Dengan Bahasa Arab Yang Termaktub!!!
معنى: "يد الله مع الجماعة"
رقم الفتوى: 10069
تاريخ النشر:الإثنين 15 جمادى الآخر 1422 هـ - 3-9-2001
السؤال
ما المراد من "يد الله على الجماعة" ؟
الإجابــة
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:
Artinya: "Tangan Allah ada bersama Al Jamaa'ah"
Nomor fatwa: 10069
Tanggal Publikasi: Senin, 15 Jumada Al-Akher 1422 AH Bertepatan Dengan Tahun 2001 Bulan 9 Tanggal 3
Pertanyaannya!!!
Apa yang dimaksud dengan "Tangan Allah Bersama Al Jamaa'ah"...?
Jawabannya
Segala puji bagi Allah, dan semoga Sholawat dan Salam bagi Rasulullah Shallallaahu Alaihi Wa Sallam, keluarganya, dan Para Shahabat2-nya. Amma Ba'd:
فقد روى الترمذي عن ابن عباس رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: "يد الله مع الجماعة"، وله من حديث ابن عمر رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: "إن الله لا يجمع أمتي"، أو قال: "أمة محمد صلى الله عليه وسلم على ضلالة، ويد الله مع الجماعة" والحديث صحيح كما في صحيح الجامع برقم (1848).
Al-Tirmidzi meriwayatkan,Berdasarkan Riwayat Ibnu Abbas,Radliyallaahu 'Anhuma, bahwa Rasulullah,Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam, mengatakan: "Tangan Allah Berada Pada Al Jamaa'ah" Dan Dalam Hadits Riwayat Ibnu Umar,Radliyallaahu 'Anhuma, Berkata Rasulullaah: "Sesungguhnya Allah tidak Akan Pernah menyatukan Ummatku." Atau dia berkata: "Ummat Muhammad,Shallallaahu Alaihi Wa Sallam, "Berada Dalam Kesesatan" dan tangan Allah Itu ada bersama Al Jamaa'ah." Dan Ia Berkata Hadits Ini Shahih, Sebagaimana Di Terangkan dalam Kitab Shahih Al-Jami 'No. 1848
وقد اتفق أهل السنة والجماعة على أن المراد بذلك هو رعاية الله لهم، وعنايته بهم، وأنهم في كنفه وحفظه.
واختلف أهل العلم في المقصود بالجماعة، قال أبو إسحاق الشاطبي رحمه الله (الاعتصام 1/478): اختلف الناس في معنى الجماعة المرادة في هذه الأحاديث على خمسة أقوال:
Kaum Ahlus Sunnah Telah sepakat bahwa yang dimaksud Al Jamaa'ah adalah Kepedulian/Kepengurusan Allah terhadap mereka, kepeduliannya terhadap mereka, dan bahwa mereka berada dalam Pemeliharaan dan Perlindungan-Nya.
Dan Ahlul Ilmi berbeda Pendapat tentang makna Al Jamaa'ah, Abu Ishaq Al-Shatby, Rahimahullaah Dalam (Kitab al-I'tisam 1/478) Ia Bertutur: Orang-orang berbedapendapat pada makna Al Jamaa'ah : Yang Di Maksud Oleh Hadits-hadits ini pada lima Pendapat:
أحدها: أنها السواد الأعظم من أهل الإسلام، وهو الذي يدل عليه كلام أبي غالب: إن السواد الأعظم هم الناجون من الفرق، فما كانوا عليه من أمر دينهم، فهو الحق، ومن خالفهم مات ميتة جاهلية، سواء خالفهم في شيء من الشريعة، أو في إمامهم وسلطانهم، فهو مخالف للحق.
Pertama: As-Sawaadul A'zhom dari umat Islam, dan ini sebagaimana di tujukan Oleh kata-kata Abu Ghalib: As-Sawaadul A'zhom Adalah Satu Golongan Yang Golongan Itu selamat/Terbebas Dari Firqoh-firqoh (Golongan Yang Menyelisihi Al Qur'an Dan Sunnah) itu, karena mereka (As-Sawaadul A'zhom itu) Berasal dari Al Islam, Ia adalah Lambang kebenaran(Persatuan), Dan Siapapun Yang Menyelisihinya/melanggarnya, Lalu Ia Meninggal,Maka Kewafatannya Itu Berada Dalam Keboodohan, Sebab Hal Itu ( Perbuatan Menyelisihi ) Sama Saja mereka Menyelisihi Sesuatu Dari Hukum Syari'ah, Dan Dalam Perkara Imamah mereka dan Kekuasaan Hukum Atas Mereka,Oleh Karena Itu Mereka Di Sebut Penetang Terhadap kebenaran.
فعلى هذا القول يدخل في الجماعة مجتهدو الأمة وعلماؤها وأهل الشريعة العاملون بها، ومن سواهم داخل في حكمهم، لأنهم تابعون لهم، ومقتدون بهم فكل من خرج عن جماعتهم، فهم الذين شذوا، وهم نهبة الشيطان، ويدخل في هؤلاء جميع أهل البدع، لأنهم مخالفون لمن تقدم من الأمة لم يدخلوا في سوادهم بحال.
Maka Berlandaskan Pendapat Ini, Imam Abu Ishaq Asy-Syathibiy,Memberi Satu Kesimpulan Bahwa : Para Ahli Ijtihad,Dan Ulama-ulama' Dari Dien Ini,Serta Para Pelopor Dalam Pengamalan Hukum Syari'ah,Dan Siapapun Yang Membenarkan Mereka Juga Termasuk Dalam Kategori Hukum Terkait Perihal Mereka(As-Sawaadul A'zhom),Sebab Mereka Masuk Sebagai Pengikut Jejak Mereka,Sedangkan Ahli Iqtidaa' Adalah Merupakan Pembela Bagi Mereka( As-Sawaadul A'zhom ), Maka Oleh Karena Itu,Siapa Saja Orang Yang Keluar Dari Golongan Mereka (Al Jamaa'ah/As-Sawaadul A'zhom),Ketahuilah Bahwa Dialah,Orang Yang Termasuk Kategori Golongan Yang Membangkang,Dan Mereka(Yg Keluar Dari Al Jamaa'ah) Adalah Nuhbatusy-Syaithon (Ghanimah Bagi Syaithon),Dan Mereka Termasuk Kedalam Golongan Ahlil Bid'ah, Mengapa Demikian? Sebab Mereka,Menyelisihi Suatu Kaum,Yang Semestinya Mereka Utamakan Dari Ummat Ini,Mereka Tidak Termasuk As-Sawaadul A'zhom Sebab Hal-hal Tersebut.
الثاني: أنها جماعة أئمة العلماء المجتهدين، فمن خرج مما عليه علماء الأمة مات ميتة جاهلية، لأن جماعة الله العلماء جعلهم الله حجة على العالمين.
Yang Kedua: As-Sawaadul A'zhom Ialah,Al Jamaa'ah Tempat Berkumpul Dan Bersatunya Para Pemimpin Ulama' Dan Para Mujtahid, Maka Barangsiapa Saja Yang Keluar ,Dari Apa-apa Yang Menjadi Ketentuan Dari Ulama'-ulama' Ummat Ini,Kemudian Ia Mati,Maka Kematiannya Adalah Mati Jahiliyyah (Dalam Kebodohan),Karena Jamaa'ah Allah Adalah Al Ulama'(Mereka Orang-orang Yang Bertaqwa Kepada-Nya),Yang Mana Dia Allah Yang Menjadikan Mereka(Para Ulama') Sebagai Hujjah(Penerang Keberadaan-Nya-Dan Menjadi Sebab Azab Untuk Kaum Yang Menentang ) Bagi Seluruh Alam
الثالث: أن الجماعة هي الصحابة على الخصوص.
Yang Ketiga: Secara Khushush Al Jamaa'ah Ialah Mereka Para Shahabat (Rasulullaah,Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam).
الرابع: أن الجماعة هي جماعة أهل الإسلام إذا أجمعوا على أمر، فواجب على غيرهم من أهل الملل اتباعهم، وهم الذين ضمن الله لنبيه عليه الصلاة والسلام أن لا يجمعهم على ضلالة.!!!
Yang Keempat: Yang Di Maksud Dengan Al Jamaa'ah (As-Sawaadul A'zhom) Ialah, Bersatunya Ahlul Islam,Apabila Mereka Bersatu Dan Berkumpul Dalam Satu Perkara, Maka Oleh Sebab Itu,Kelompok-Kelompok Yang Lainnya Dari Ummat Ini Wajib Mengikuti Mereka,Dan Merekalah Orang-orang Yang Berkumpul Untuk Nabi-Nya,Semoga Sholawat Dan Salam Bagi Beliau, Hingga Mereka Tidak Terkumpul Lagi ,Ke Dalam Golongan Yang Berdiri Atas Dasar Kesesatan...!!!
الخامس: ما اختاره الطبري الإمام، من أن الجماعة جماعة المسلمين إذا اجتمعوا على أمير. ا.هـ.
فلكل هذه الأقوال وجه، وهي تلتقي عند نقطتين عليهما مدارها وهما: الاتباع، واعتبار أهل السنة.
Yang Kelima: Pendapat yang dipilih Imam Ath Thabari, Yaitu bahwa Al Jama’ah adalah Jamaa’ah Muslimin yang berkumpul di bawah Perintah Seorang Amirul Mu'minin.
Maka Dari Setiap Pendapat - Pendapay Ini,Terdapat Satu Wajah/Gambaran,Yang Ia,Mendekati Kepada Dari Dua Titik Pemahaman, Yaitu :
1. Al Ittiba'
2. Penjelasan Bagi Pemegang Pendapat Ahli Sunnah
قال أبو إسحاق: فهذه خمسة أقوال دائرة على اعتبار أهل السنة والاتباع، وأنهم المراد بالأحاديث.
والله أعلم.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Assalamu 'Alaikum. Kepada seluruh Pengunjung Blog Saya Ini,Saya Berharap Kepada Ikhwan Atau Akhwat Untuk Kira nya Bersedia Meluruskan Kesalahan2 Yang Mungkin Tidak Saya Sengaja,Dan Saya Berharap Semoga Kiranya Ikhwan Dan Akhwat Mau Mendo'akan Agar Allah Mengampuni Kesalahan2 Yang Saya Lakukan Baik Yang Saya Sengaja Atau pun Tidak Saya Sengaja.TERIMA KASIH Wassalaamu 'Alaikum.